Hewan Paling Berbisa Di Dunia

0 comments



     Kalian pasti pernah melihat Spongebob menangkap ubur-ubur dengan jaringnya. Kelihatannya menyenangkan ya? Tapi tidak semua ubur-ubur itu jinak lho. Kalian harus hati-hati kalau bertemu ubur-ubur kotak (box jellyfish) di laut dangkal. Soalnya mereka sangat beracun, bahkan ubur-ubur kotak adalah hewan paling berbisa di dunia. Melebihi bisa ular kobra, bisa laba-laba dan hewan berbisa lainnya.  Menyeramkan ya?

     Sudah banyak orang yang berenang di pantai Australia terkena sengatan bisa ubur-ubur ini dan meninggal. Bahkan dilaporkan sejak 1884, ada 5500 orang meninggal karena sengatan ubur-ubur kotak. Hewan ini cukup berbahaya karena sering kali terlihat di tempat yang biasa dilalui manusia, seperti pantai. Makanya kalau berenang di pantai kita harus berhati-hati.
     Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menghindari sengatan mereka adalah dengan menggunakan baju renang yang tertutup. Sehingga kalau ada ubur-ubur kotak menyengat akan terhalangi baju yang kita kenakan. 

     Kedua kita harus tahu tidak semua pantai ada ubur-ubur kotak, biasanya ada peringatan di pantai tertentu yang ada populasi ubur-ubur jenis ini. Di Great Barrier Reef, Australia, ada papan-papan peringatan yang menunjukkan dimana saja biasanya ubur-ubur kotak melintas. Para petugas pantai biasanya juga sigap menolong orang yang mengalami kesulitan di pantai. 

      Oh ya yang terakhir, kalau memungkinkan kita bisa membawa cuka. Cuka memiliki asam asetik yang dapat menawarkan racun dan mencegah racun tersebut menyebar ke seluruh tubuh. Tetapi biasanya orang yang sudah tersengat tentakel ubur-ubur kotak tidak sadarkan diri dan harus segera dibawa ke rumah sakit. Kabarnya rasa sakit akibat sengatan akan terus terasa sampai waktu yang cukup lama. Makanya sebelum terkena, lebih baik dicegah kan.

0 comments:

Poskan Komentar