Cara Jitu Mempercepat Metabolisme

0 comments

Banyak dari kita percaya bahwa tubuh kita hanya dapat membakar kalori saat berolahraga. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh bahkan sebelum kita mulai berolahraga. Apakah saja itu?

1.       Jangan Diet!!
Selama ini kita sering beranggapan bahwa saat diet, kita harus makan dengan porsi yang jauh lebih kecil dari porsi normal kita agar kalori dan lemak dalam tubuh berkurang banyak. Sebenarnya, diet yang seperti itu sangat tidak baik karena mengurangi porsi makan akan membuat cadangan energi dalam tubuh kita menyusut. Tubuh yang kekurangan energi akan merespon dengan mengurangi laju metabolisme agar energi yang digunakan lebih sedikit. Dan jika diet tersebut Anda lakukan terus-menerus, tubuh akan membakar jaringan otot Anda sebagai cadangan energi sehingga akhirnya muncul tumpukan lemak di tempat-tempat tertentu.

2.       Tidur Lebih Awal
Sebuah studi di Finlandia yang dilakukan kepada sepasang anak kembar menunjukkan bahwa anak yang tidur lebih malam dan memilikki tingkat kestresan lebih tinggi menghasilkan lemak jahat lebih banyak dalam tubuhnya.
Makan Lebih Banyak Protein
Tubuh memerlukan protein untuk mempertahankan otot-ototnya. Pada tahun 2006, sebuah studi yang termuat dalam American Journal of Clinical Nutrition  “The Underappreciated Role of Muscle in Health and Disease,” menunjukkan bahwa seseorang seharusnya mengkonsumsi 0,8-1 gram dari setiap pound berat tubuh, serta 3 ons daging, 2 sendok teh kacang, atau 8 ons lo-fat yogurt pada setiap makanan atau camilan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa protein dapat membantu membakar kalori dari makanan sebanyak 35 %.

4.       Minum Air Dingin
Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa dengan meminum 6 gelas air dingin sehari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, karena air dingin dapat memicu kenaikan suhu tubuh.
5.       Minum kopi atau teh

Caffeine yang terdapat pada kopi merupakan stimulant yang bagi saraf pusat, sehingga dengan meminumnya dapat menstimulasi tubuh untuk mempercepat metabolisme sebanyak 5%-8% atau sekitar 98-174 kalori per hari. Sementara itu, secangkir teh dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 12 %.
6.       Terus Beraktifitas

Sebuah studi menunjukkan bahwa diam selama 4 jam atau lebih dapat mengakibatkan berhentinya kerja enzim yang mengontrol metabolisme terhadap lemak dan kolesterol. Untuk menjaga enzim ini tetap bekerja, Anda harus selalu bergerak walau pun hanya duduk dan berdiri.
7.       Makan Makanan Pedas

Capsaicin yang terkandung dalam cabai, baik merah maupun hijau, rupanya dapat membantu meningkatkan  metabolisme tubuh kita sebanyak 23% dalam kurun waktu yang singkat.
8.       Jangan Melewatkan Sarapan

Orang-orang yang melewatkan santap pagi diketahui memilikki kecenderungan obesitas 4,5 kali lebih tinggi dibanding orang-orang yang rutin sarapan. Orang-orang yang tidak melewatkan sarapan berat badannya hanya naik sekitar 1,7 pounds per tahun, sementara yang melewatkan sarapan bisa mencapai 3 pounds.
9.       Makan Banyak Serat

Serat rupanya juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh kita hingga 30%.

10.   Makan Melon
Mengonsumsi asam amino arginin dalam melon dapat membantu membentuk jaringan-jaringan otot yang mampu membakar lemak lebih banyak.

0 comments:

Poskan Komentar